Refleksi Pada Kemerdekaan Media yang Diproduksi Oleh Internet

Kemajuan teknologi yang pesat di abad 21 telah memastikan bahwa masyarakat sekarang lebih terhubung, dan ada peningkatan jumlah saluran media yang tersedia. Sayangnya, karena kepemilikan media yang dominan ada yang berpendapat bahwa meskipun kami memiliki pilihan dalam apa yang ingin kami tonton, pilihan kami masih terbatas karena kontrol media yang ketat. Namun, hingga tingkat tertentu independensi media sekarang sedang seimbang karena meningkatnya popularitas Internet. Hal ini dapat diilustrasikan dengan jelas dengan tingkat interaksi di ruang obrolan dan blogging. E-mail lebih sering digunakan, sehingga mempengaruhi tingkat efisiensi komunikasi. Selain itu, meskipun perusahaan periklanan dan orang-orang dengan keterampilan teknologi untuk merancang dan membangun situs web masih dominan di sektor komunikasi, program perangkat lunak seperti Dreamweaver dan Microsoft Frontpage menyediakan paket pembangunan web yang mudah yang memungkinkan pembuatan situs web yang cepat dan efektif untuk pemula. Akibatnya, independensi media diperoleh dengan meningkatnya penggunaan Internet.

Pertama, Internet dan blogging khususnya, tidak menciptakan batasan usia untuk siapa yang dapat berpartisipasi. Misalnya, seorang remaja dan orang yang lebih dewasa dapat memiliki kesempatan yang sama untuk menyuarakan pendapat mereka di Internet. Juga, meskipun dapat dikatakan bahwa orang-orang yang tidak memiliki keterampilan teknologi mungkin dirugikan, setelah keterampilan diperoleh, maka orang akan dapat berpartisipasi. Penulis laman web atau artikel memiliki opsi untuk tetap anonim atau menulis dengan nama palsu, karenanya, peningkatan kebebasan berbicara dan pengurangan risiko dikaitkan dengan ideologi atau wacana tertentu oleh pembaca. Internet mendorong kemandirian yang lebih besar, karena kelompok minoritas dapat mengekspresikan pandangan mereka secara terbuka dan informasi dapat dibagikan dengan cepat. Ada banyak manfaat untuk ngeblog di Internet. Salah satu aspek paling positif dalam hal blogging adalah bahwa hal itu tidak memerlukan pengetahuan teknologi, dan blog memiliki kesempatan untuk dibaca oleh orang-orang dari budaya dan negara lain.

E-mail juga memainkan peran penting dalam menciptakan kemandirian media. Meskipun e-mail dilihat sebagai bentuk teknologi komunikasi, mereka juga dapat dibagikan antar kelompok orang. Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan koneksi dan jumlah orang yang akan dapat membaca email sangat berdampak pada kecanggihan Internet dan kemampuannya untuk meningkatkan komunikasi global. E-mail menawarkan komunikasi instan. Komunikasi yang cepat telah mengarah pada peningkatan lebih lanjut dalam pertukaran gagasan di antara orang-orang, yang menghasilkan jaringan global dan peningkatan dalam kegiatan bisnis internasional. Namun, e-mail hanya menguntungkan mereka yang melek huruf dan mereka yang bisa mendapatkan akses ke teknologi. Bagi banyak warga di negara berkembang atau orang miskin di negara maju, hak istimewa mengakses alat ini tidak tersedia, oleh karena itu, meskipun email mempromosikan kemandirian melalui komunikasi, itu juga meminggirkan mereka yang tidak mampu atau tidak mampu menggunakannya.

Paket perangkat lunak seperti Dreamweaver dan Microsoft Frontpage dirancang untuk membantu pemula dan mereka yang senang menggunakan program. Sebagai contoh, program Dreamweaver memiliki instruksi dasar yang menunjukkan kepada pelanggan bagaimana merancang halaman web. Program ini mengajarkan pemula dengan menggunakan istilah-istilah yang non-jargon digabungkan dengan instruksi sederhana. Demikian pula, Microsoft Frontpage juga merupakan program perangkat lunak komputer yang mudah digunakan yang mengambil keuntungan dari template yang mudah-untuk-memanipulasi dan kurangnya penggunaan html. Ini mendorong pengguna pertama kali untuk mengeksplorasi dan mengembangkan keterampilan teknis mereka.

Kesimpulannya, karena laju globalisasi yang cepat, Internet telah memungkinkan masyarakat untuk menjadi lebih saling terhubung. Meskipun internet tidak meminggirkan mereka yang tidak mampu atau tidak memiliki keterampilan untuk menggunakannya, layanan seperti perusahaan web hosting dan program perangkat lunak yang mudah digunakan tersedia. Internet terus berubah. Ini telah memungkinkan kontribusi yang lebih luas dari orang-orang dengan berbagai wacana dan ideologi, membuat bentuk media ini lebih mandiri.